Tips Menulis buat kalian yang ingin menjadi seorang penulis

Tips Menulis buat kalian yang masih Newbie


Buat kalian para generasi penerus bangsa yang ingin memulai karir dengan menulis artikel atau menulis cerita/novel ada baiknya kalian membaca sedikit tips dasar yang saya berikan di artikel saya kali ini.



   1.       Prepare,  Siapin ide yang kalian miliki untuk kalian tuliskan ke naskah kalian. Ide bisa dapat kapan saja, terkadang ide muncul tergantung dari mood yang kita punya.

   2.       Jangan sia-siakan sedikit waktu pun, jika kalian sudah mendapatkan ide yang kalian dapat langsung tuliskan lah ide kalian ke dalam naskah yang kalian buat. Jangan sekali-kali kalian menunda untuk menulis ketika ide cemerlang kalian sudah keluar. Karena jika kalian menunda ide yang kalian punya, sedikit demi sedikit ide itu pun akan berkuran dan hilang.


   3.       Pilih Font yang simple, Buat kalian yang baru mencoba untuk menulis, hal ini sering sekali kepada kalian para newbie. Kalo pilih font itu yang simple aja kaya Calibri, Time new Roman. Jangan pake Font yang acak-acakan dan alay agar pembaca juga mudah untuk membacanya.

   4.       Warna, saya sering lihat blog di internet sering menggunakan warna yang aneh-aneh. Sebenernya bro dan sist hanya perlu warna hitam dan putih saja. Jika background kalian Putih maka warna pada font kalian harus lah Hitam. Dan sebaliknya jika background kalian Hitam maka warna pada font kalian harus Putih.

   5.       Size Font, untuk size cukup di kisaran 11-18 saja, kalo size terlalu besar mitosnya pembaca akan merasa tidak nyaman untuk membaca tulisan anda. Untuk judul boleh lah menggunakan Font size yang besar. Tetapi jika untuk isi bacaan jangan menggunakan font yang besar ya.

   6.       Paragraph, gunakan paragraph agar lebih rapih. Sedikit tip dari saya, jika anda membuat paragraph, buat lah minimal satu paragraph berisi 5 baris sampai 8 baris bacaan.

   7.       Kalimat, gunakan kalimat sesuai tema text bacaan yang kalian buat. Jika kalian membuat tulisan untuk skripsi atau Surat untuk dosen/guru kalian, jangan sekali kali menggunakan kalimat yang tidak baku dan santun. Tetapi jika kalian membuat text untuk sharing ke masyarakat banyak, gunakan lah kalimat biasa atau kalimat yang sama dengan pembaca.

   8.       Isi, kalian harus mengisi text kalian dengan rapih dan bagus.

   9.       Makna dan kandungan dari bacaan kalian, Warnailah text kalian dengan makna dan kandungan yang berada dalam text yang kalian buat.

   10.   Manfaat, Selain makna dan kandungan, text kalian juga lah harus memiliki manfaat yang positif untuk para pembaca.



Itu beberapa tips yang saya punya untuk sharing ke kalian yang baca artikel saya. Kalo kurang brother dan sista bisa nambahin di Commentar. Jangan lupa Share,Suscribe, dan Follow yaa biar saya tambah semangattt nulis artikel nya. Terimakasih sudah mampir ke blog saya. 
Previous
Next Post »