Hayo siapa yang pernah menyontek?

Nih saya disini mau sharing pengalaman saat mencontek di kelas




            Semua orang yang pernah sekolah pasti pernah mengalami fase-fase kritis, atau fase-fase yang menyebalkan seperti ujian tengah semester ataupun ujian akhir. Kenapa gue menyebut ujian adalah fase kritis? Karena di saat ujian, di kelas yang penuh orang bego ini, gue lah yang sering di cari buat bahan contekan. Kalau misalnya gue  gak ngasih contekan ke mereka, pasti sampai saat ini gue gak akan bisa menghirup udara segar di dunia yang fana ini. Makanya gue menyebutkan ujian adalah fase yang sangat kritis, selain itu gue orang nya gak pinter-pinter banget, Gue takut kalo seandainya satu kelas nilainya jelek karena gue. Dan ujung-ujungnya siapa yang di salahin? Yaa pasti gue lah.
            
        Saat itu suasana kelas lagi biasa-biasa aja, tiba-tiba ada orang dari staff sekolah ngasih surat edaran, yang gue pikir itu adalah surat undangan pernikahan orang tersebut. Tapi nyatanya itu adalah surat jadwal UTS. Temen-temen sekalas gue yang gue anggap sebagai temen tapi mereka gak pernah sama sekali nganggep gue sebagai temen mereka pun berteriak dengan penuh ke kagetan ‘Haaaaaahhhhh??’, ‘Udah UTS? Perasaan baru kemaren ujian harian, masa sekarang udah UTS aja?’
            
         Pelajar yang normal emang sering nge dumel kalo ulangan tiba. Gue sempet kesel sama pelajar yang punya sifat-sifat yang kaya gini. Padahal ulangan kan buat mereka sendiri bukan buat orang lain, tapi Kenapa mereka masih ngomel pas ulangan datang. Ya gue sendiripun juga adalah pelajar yang normal yang sering nge buat tweet galau pas ulangan datang dan gak ada satu orang pun yang nge retweet. Dan gue juga adalah siswa yang sering nge bacot lewat PM dan juga gak ada satu orang pun yang nge respon, karena kontak bbm gue cuma ujang temen sebangku gue. Tapi ujang udah ganti pin jadi itu sama dengan artinya kalau gue gak punya satu pun kontak orang di BBM gue.
           
          UTS adalah ulangan yang biasa-biasa aja katanya. Kata orang-orang banyak, ujian yang paling penting adalah Ujian Nasional. Jadi kalo nilai uts kita jelek buanget, tapi kalo nilai Ujian Nasional kita diatas rata-rata pasti hidup kita terjamin. Disaat UN atau Ujian Nasional, seringkali gue melihat drama-drama yang gak penting. Contoh nya disaat UN , tiba-tiba banyak banget orang jadi Insyaf, jadi sering solat, jadi rajin ngebantu emak ke pasar. Ya itu di karenakan tradisi Indonesia kaya gitu. Biasanya kalo lagi UN pihak sekolah pasti akan mengadakan acara-acara seminar agar sukses dalam menghadapi UN dan juga mengadakan acara Doa bersama yang di pimpin oleh ustad-ustad. Hal yang paling gue sukai adalah acara Doa bersama karena di acara ini semua siwa-siwi yang ikut UN dikumpulin di mesjid sampai full dan disini pula banyak yang kebuka kedoknya kalo mereka adalah orang munafik. Misalnya, Si Ustad lagi merengek-rengek sambil mengatakan
‘Ingat nakk, disinilah hidup kamu. Disinilah jati diri kamu akan keluar. Kamu harus berjuang sekuat tenga kamu. Ingat orang tua kamu yang telah merewat kamu,yang telah mengasuh, yang telah memberi kamu jajan.Jangan lah kamu sia-siakan pengorbanan mereka. Bayangkan Jika sesampainya kamu dirumah dan tiba-tiba ada bendera kuning di depan rumah kamu? Dan ternyata bapak atau ibu kamu yang meninggal? Apakah yang akan kamu lakukan? Berjuang lah nak, Selagi orang tua kamu masih hidup, buatlah mereka bangga akan prestasi, buat lah mereka bahagia . Dan juga jangan lupa untuk terus berdoaa. Huu Huu(*sepak sepik nangis).’

            Sehabis Ustad ngomong kaya gitu pasti bayak yang nagis. Ada yang nangis beneran karena takut gak lulus atau Nilai UN nya jelek. Ada yang nagis Histeris gara-gara takut Orang tua nya mati, Ada yang nangis karena takut kalo nanti dia yang akan mati duluan. Ada yang nagis karena takut gak dikasih duit jajan lagi sama bapaknya kalo bapaknya beneran mati. Ada yang nagis nya cuma ikut-ikutan doang biar dikira sedih, Padahal enggak sedih. Pokoknya macem-macem, bahkan kadang-kadang ada yang sampe ketawa ngakak pun ada.

            Yaa kita manusia itu sering lupa sama Tuhan. Kita akan inget sama Tuhan nanti kalo kita udah di beri Ujian,  seperti Ujian Nasional. Disaat kita ketakutan karena UN pasti kita merengek-rengek minta ampun dan minta pertolongan sama Tuhan. Yaa itu adalah hal yang normal untuk pelajar-pelajar Indonesia. UN sama dengan Inget Tuhan. Kalo gak UN inget pacar sama temen-temen masing-masing. Jadi sebelum kita merasakan kegelisahan disaat UN, alangkah baiknya kita persiapkan dari sekrang-sekarang, agar nanti nya kegelisahan tersebut tidak akan muncul kedalam pikiran kita yang kotor ini. Gue sendiri pun udah menyiapkan bekal-bekal untuk UN nanti, Karena gue tau kalo nanti pas UN kantin akan tutup, Karena gue orang nya cerdas, Gue pun memutuskan untuk membawa bekal sendiri dari rumah.

            Gue sering prihatin kalo saat ulangan. Karena banyak banget orang yang tadi nya bego berubah begitu aja jadi pinter, *Pinter nyontekk. Semua orang pasti pernah nyontek, kalo gak pernah berarti dia boong. Karena pada dasar nya manusia itu di latih untuk terus menyontek. Contohnya saat anak bayi yang baru dilahirkan, dia pasti belom bisa apa-apa selain geleng-geleng kepala, Netek, dan nangis. Dan saat dia bertumbuh pasti ada beberpa yang akan bisa dia lakukakn. Seperti, ngomong, garuk-garuk, ketawa. Dan lain-lain. Dan kalian pikir dia bisa ngomong,garuk-garuk, ketawa, dan lain- lain itu karena apa? Itu karena dia nyontek. Kalo dia gak nyontek sama orang- orang yang ada dilingkunganya. Gue yakin tuh anak Gagu gara-gara gak di ajarin ngomong. Jadi jiwa pencotek itu sudah ada di dalam tubuh kita sejak kecil. Jadi jangan pernah sesekali kalian mengatakan kalo nyontek itu haram. Karena pada dasarnya manusia perlu contekan.

            Dikelas Gue sangat banyak banget aksi-asksi contekan. Kalo misalnya waktu sd minta contekan itu harus bisik-bisik kaya gini

‘Bro nomor 2 sama nomor 7 apa??’
‘1-50 jawabanya apa bro?’
‘Bro coba dong liat kertas jawaban lo, gue mau samain jawaban gue sama jawaban lo.’  <- Padahal mau nyontek.

            Tapi itu dulu. semenjak gadget-gadget datang, Cara menyontek yang lama pun di tinggalkan. Jaman sekarang cara nyontek tuh cukup simple dan sederhana,yaitu dengan cara minta jawaban teman kalian dengan cara difoto lalu minta kirimin lewat bbm, line, atau whatsapp.

            Temen gue ujang adalah contekers nomor satu di kelas, waktu itu mata pelajaran nya matematika. Gue tau banget kalo ujang tuh paling bego sama yang namanya itung-itungan. Ujang pun pasrah dengan soal ujian MTK tersebut, akhirnya dia pun minta foto jawaban gue lewat BBM. Karena gue orangnya Solid sama temen, pasti nya gue akan memberikan Ujang foto lembar jawaban gue. Saat gue memfoto lembar jawaban gue, tiba-tiba ada cahaya kilat yang muncul dengan secara tiba-tiba di handphone gue. Ternyata gue lupa mematikan Fitur Blitz di hape gue. Sehingga pengawas yang sedang mengawas kelas gue waktu itu pun curiga. Si pengawas pun berdiri dari singgahsana nya dan dia mulai berjalan kearah meja gue. Gue ketakutan banget , gue gak bisa ngelakuin apa-apa. Gue udah ke gep sama pengawas kampret ini. Sesampainya dia di meja gue, akhirnya gue pun pasrah.

‘Barusan itu cahaya apa?’ Tanya pengawas gue.

‘Cahaya surga pak.’ Jawab gue ngelawak.

‘haha, lucu lo kambing. Sini hape lo’

‘jir lo pak jahat amat sama gue.’ Ngomong dalem hati.

Dan akhirnya gue memberikan hape gue disita sama tuh pengawas monyet. Di kelas kalian pasti pernah ada yang ketahuan nyontek kan?

        Nih Gue akan memberi tips-tips buat kalian agar sukses menyontek dengan menggunakan gadget-gadget agar nasib kalian gak akan sama kaya gue.

      PERTAMA,Siapkan gadget dan pastikan kamu memakai provider yang sinyalnya kuat seperti telkomsel. Setelah itu,lihat terlebih dahulu pengawas yang lagi ngawas kalian sedang ngapain. Kalo misalnya pengawas lagi melotot kearah kita, gue saranin kalian melihat kearah pintu dengan memasang wajah kaget. Karena saat lo melihat kearah pintu dengan memasang muka kaget seperti itu, pasti pengawas mengira kalo lo sedang melihat setan.  Itu akan mengalihkan perhatian pengawas dan dia pasti akan ikut-ikutan ngeliat pintu. Dan disaat dia ngeliat pintu, itu lah kesempatan buat kita para conteker meminta foto lembar jawaban temen kita lewat bbm, line, atau whatsapp.

        KEDUA, jika kita telah mengirim pesan keteman kita tetapi tidak di read sama dia, padahal kita melihat dia sedang memegang hape. Usahain lo mengirim pesan lain selain minta foto kertas jawaban, yaitu lo harus kirim pesan misalnya

‘ Bro kalo lo kasih jawaban lo, tar gue traktir mie ayam’

Kalo misalnya dia gak mau juga lo harus traktir yang lebih mahal.

‘Bro, kalo lo kasih jawaban lo nanti gue traktir steak deh broo.’

Kalo misalnya gamau juga, lo kasih dia foto-foto Raisa.

 Kalo dia masih gak mau juga berarti dia seratus persen HOMO.

KETIGA, setelah lo mendapatkan foto jawaban teman lo,akhiri lah dengan kata ‘makasih ya bro, lo emang temen terbaik gue’.

            Itu sekedar tips dari gue, kalo ada yang punya pendapat lain kirim aja lewat Comment yang ada di bawah.

                 Sebenernya nyontek memang di perbolehkan. Tetapi kalo kita menyontek dalam hal yang negative seperti menyontek jawaban temen itu sangatlah salah. Menyontek yang benar adalah dimana saat lo bisa menyontek otak lo sendiri. Ketika lo menyontek kepada otak lo sendiri, itulah saat dimana lo bisa dikatakan sebagai orang yang sangat berguna.

Lihat artikel blog saya yang lain di:
gamer-santai1.blogspot.com
Previous
Next Post »