Permainan Tradisional

Permainan Tradisional anak-anak

       Bro/sist sering gak sih melihat anak-anak yang udah gak kaya anak-anak jaman dahulu. misalnya contoh ini anak



Bro/sist khawatir gak sih sama anak-anak yang kaya gini-gini. menurut saya pencinta game pc mau pun game android kadang-kadang suka sedih kalau sudah melihat anak-anak yang lebih sering bermain gadget seperti foto diatas.

Tau gak sih efek buruk jika anak-anak kecil sekarang lebih sering bermain alat-alat canggih? Sebelum nya saya berfikir kalau anak-anak harus di beri permainan di gadget-gadget, pertama, agar mereka tidak ketinggalan jaman tentunya, kedua, di gadget bayak permainan yang mengasah otak kiri. Ketiga, bermain gadget bisa membuat anak lebih dewasa sebelum dia dewasa, itu sangatlah bagus agar anak-anak tidak cenderung manja, karena banyak nya game di gadget, membuat anak-anak jaman sekarang tidak mudah bosan karena jenis permainan yang sangat banyak di gadget.

Tapi di balik dampak positif yang timbul, ternyata ada dampak negatif yang sangat fatal bagi anak-anak kecil jaman sekarang. contohnya: anak-anak jadi cenderung fokus ke gadget, dan lupa dengan sekeliling nya. kedua, anak juga cenderung pendiam, jika sebelum nya anak cenderung bertanya "mamah ini cara main game ini gimana sih? ajarin aku dong." dan setelah anda mengajarkan dan setelah anak tersebut jadi pandai atau menjadi bisa memainkan game tersebut, dia pasti akan terus selalu memainkanya hingga dia lelah. kenapa? karena pola pikir anak sering kali hanya berfokus pada satu hal. jika anda memfokus kan anak anda ke gadget maka anak tersebut pun akan selalu berfokus pada gadget, jika anda memfokus kan anak untuk belajar pasti anak akan belajar. ketiga nih bro/sist dampak negatif nya adalah otak kanan sang anak jadi tidak berfungsi dengan baik. Contohnya anak jadi tak bisa berfikir logis, tidak bisa menulis dengan baik, sulit untuk berbicara dengan lancar, dan lain-lain yang berhubungan dengan orak kiri.

Saya disini tidak melarang anak anda untuk bermain gadget, tetapi alangkah baiknya jika kita sebagai orang tua atau orang yang lebih tua memperhatikan pola pikir sang anak, agar kelak dia bisa menjadi anak yang biasa bahkan bisa jadi anak yang luar biasa. karena anak-anak selain keturunan dari darah daging kita, anak adalah calon pemimpin penerus bangsa.

Nih Bro/Sist saya akan membagi permainan yang bisa membantu pola pikir dan sikap anak menjadi stabil, cekidot yaa,



1. Petak Umpet


bro/sist yang pernah kecil pasti taukan apa itu permainan petak umpet? yaa permainan tradisional ini adalah permainan yang paling di gemari anak-anak, selain seru permainan ini juga sangat lah membantu kecerdasan anak, dan juga meningkatkan pola kerja anak untuk mencari teman yang sedang mengumpat. Efek positif dari permainan ini adalah melatih rasa keingin tahuan anak, dan meningkat kan sikap optimis pada anak agar terus berusaha agar mencari tahu dimana teman nya yang sedang bersembunyi. selain itu saat anak dalam posisi bersembunyi, itu membuat anak selalu berpikir ulang. contohnya: pertama sang anak mengumpat di balik pohon dan dia tidak berhasil untuk bersembunyi, dan ketika dia mendapatkan giliran untuk bersembunyi lagi, dia akan mencari tempat yang dimana yang lebih baik dari pada bersembunyi di balik pohon. ini membuat anak menjadi sangat tidak mudah pesimis.

2. Kelereng


 kelereng, permainan ini adalah permainan yang paling saya sukai sewaktu kecil dulu, selain murah, dan mudah permainan ini juga mempunyai efek positif lohh buat anak-anak. yaitu efek positifnya adalah melatih konsentrasi dan ketelitian sang anak.


3. Lompat Karet





Lompat karet/tali adalah permainan tradisional yang populer dimainkan anak perempuan. tetapi banyak juga anak laki-laki yang bisa memainkan lompat tali ini. permainan ini sangat bagus untuk intuisi anak kita.

4. Engklek
Engklek adalah permainan tradisional ketangkasan lompat. Pertama kali, siapkan gambar kotak-kotak diatas tanah/semen/ lantai. Selanjutnya permainan siap dimainkan. Engklek biasanya dimainkan oleh dua hingga lima orang secara bergantian. Engklek dimulai dengan melempar"gaco"(potongan keramik/genteng/batu/kayu) mulai dari kotak pertama, kemudian kita melompat ke kotak-kotak secara berurutan kemudian kembali dan mengambil gaco kita hingga ke garis awal. Permainan terus berlanjut hingga kita melakukan kesalahan seperti melempar gaco diluar kotak atau engklek menyentuh garis.



permainan ini sangat melatih anak untuk berhati-hati dan fokus. pokoknya bagus untuk otak kiri dan kanan anak.


Bro dan sist segitu dulu yan info tentang permainan anak-anak, klik komen dan kalo bisa suscribe juga yaa blog saya :D kritik dan saran saya terima kok dengan suka cita hehe... have fun and playing gamee bye bye
First